WordPress, sebenarnya telah menyediakan fungsi itu di halaman admin.www.domainanda.web.id/wp-admin/options-permalink.php, yakni customisasi url dari angka-angka tak beraturan seperti http://www.deddy-r.web.id/?p=2 menjadi www.deddy-r.web.id/about. Beberapa waktu lalu saya penasaran melihat blog dengan mesin WordPress yang url-nya lebih SEF (Search Engine Friendly). Selain permalinknya di edit sehingga hanya menunjukkan judul postingan saja, dibelakang url itu juga ditambahkan .html atau ada juga yang hanya menambahkan .htm. Mulanya penasaran juga, akhirnya ketemu tutorial yang membahas mengenai hal ini. yahhh ternyata caranya ribet. Harus setting htaccess dan semua bahasa yang saya tidak mengerti.

Lalu apa yang saya lakukan supaya url blog saya berisi ekstension html dibelakangnya ? misalnya seperti ini http://deddy-r.web.id/optimasi-url-wordpress.html. Gampang sekali.

  1. Masuk ke halaman www.domainanda.web.id/wp-admin/options-permalink.php,
  2. pilih Custom, specify below
  3. lalu form isian Custom structure: diisi saja /%postname%.html
  4. save changes.

NB: Bagi blog yang halamannya sudah diindex banyak oleh Mr.G sebaiknya jangan merubah seperti ini, kecuali kamu tahu yang harus dilakukan berikutnya :D . Kamu harus mengubah hak akses .htaccess di cpanel menjadi 744. Baru kemudian lakukan langkah-langkah diatas.