Problem

Gini, kampus saya nyediakan fasilitas Hotspot di setiap jurusan untuk Dosen dan Mahasiswa. Kebijakan fasilitas ini berbeda untuk tiap jurusan. Kebetulan saya jurusan Teknik Informatika, dan kebijakan di jurusan saya memperbolehkan mahasiswa dan dosen untuk menggunakan fasilitas hotspot “selama yang diinginkan” (no quota).. Tapi…sayangnya, fasilitas tersebut cuma bisa digunakan hingga pukul 3 sore, dan setelah itu.. Tidak dapat digunakan lagi.. (Bisa konek ke Access Point, tapi kagak bisa browsing..)

Nah, beda halnya dengan Gedung Lab. Elektro. Disana hotspot ON 24 jam.. Tapi…sayangnya… Nge-net dibedakan jadi 2, yang pake akun sama engga. Kalo pake akun, bisa nge-net lama, dan dibatesin (di-quota) berdasarkan volume traffic yang didownload+upload. Nah, yang kagak pake akun, bisa internetan tapi dibatesin, sehari maksimum 4 jam.. Grr… Btw, saya bisa 2-2nya, karena kebetulan akun saya yang dulu masih bisa digunakan.. Tapi ya gitu, agak lambat, dan dibatasi jumlah data (volume-based lah pokoknya)

Kalo dilihat dari kebutuhan internet, saya terbilang “rakus”. Maksudnya, sangat doyan akan internet, dan memang sangat saya butuhkan (berhubung belum punya koneksi pribadi, jadi bergantung sama fasilitas kampus T,T)

Kesimpulan, kagak ada yang “sempurna…”

Fact

Ternyata pilihan kedua, tanpa akun, memiliki kekurangan.. Sang Admin (Pak jeky (Jecky? ato Jeki?), cuman nge-cek MAC address dari device yang dipake. Jadi yang dideteksi (dan dilimit) oleh router (?) adalah MAC address Wireless Lan saya..

Solusi

Nah, untuk mengakali, kita bisa aja ganti MAC address Wireless Lan yang kita pake. Jadi ketika sudah 4 jam berlalu, kita langsung ganti MAC address-nya, dan.. kita bisa internetan lagi dengan leluasa.. xixixixi..

Caranya?

Ini dia cara ganti MAC address device jaringan kita.. Diasumsikan saya bakal ganti MAC address Wireless Lan milik saya

**Note : Cara ini bersifat temporary, artinya, ketika komputer/ laptop direstart, maka MAC address akan kembali ke address aslinya.. ^^ Dan langkah ini sepenuhnya dilakukan via terminal..

Step #1 : Lihat dulu MAC aslinya..

ifconfig

ifconfig – perhatikan Hwaddr aslinya..

Step #2 : Matikan device yang akan diganti MAC address-nya..

sudo ifconfig <device> down

**<device> adalah NIC yang akan diganti MAC addressnya..

Contoh : eth0, eth1, wlan0, wlan1

Step #3 : Ubah MAC addressnya

sudo ifconfig <device> hw ether <MAC address baru>

**Note :

Usahakan tidak jauh berbeda dengan MAC aslinya.. ^^

Ternyata MAC address tidak bisa sembarangan diubah.. ada sedikit (aturan) yang perlu diperhatikan, yakni :

3 blok pertama adalah kode vendor (kalo ndak salah), jadi sebaiknya jangan diubah..

cukup ubah tiga blok terakhir. Jadi, misalkan aslinya :

00:17:c4:2c:d6:cc

bisa diubah jadi :

00:17:c4:2a:d1:ca

Contoh :

sudo ifconfig wlan1 hw ether 00:17:c4:2a:d1:ca

Step #4 : Nyalakan lagi itu device..

sudo ifconfig <device> up

Kalo udah, otomatis MAC Wireless Lan akan diganti.. Untuk nge-cek, ketik lagi ifconfig

Harusnya saat ini MAC address sudah diganti, jadi jika ada network yang membatasi koneksi dengan memfilter MAC, bisa diakali dengan cara ini.. hehehe..

Btw, saya bukan orang jaringan, jadi ga terlalu paham tentang teknisnya.. Tapi kalo ada pertanyaan, nanti saya tanyakan ke senior saya.. Sambil saya belajar juga, wkwkwkwk..

Sumber:

senior di leb PK&M (Mas Bima)

MAC address versi wikipedia