Beberapa rekan pengunjung minta supaya beberapa artikel saya disertai juga dengan screenshot, jadinya saya buat halaman download ini. Sebenarnya dengan halaman biasa pun bisa, trus dibuat links ke file-nya. Tapi saya sengaja cari plugin download, supaya kelihatan jumlah download (download counter) pada masing-masing file. Tujuannya untuk melihat statistik file yang lebih banyak di download yang mana. Kala itu saya coba dengan plugin wp-downloadmanager dan belum berhasil. So, minggu kemarin saya sudah berhasil pasang halaman download tersebut. Sengaja tanggal halaman adalah bulan ini, karena saya dahulu merencanakannya bulan tersebut. Hehe… Meski sudah berhasil, tapi masih ada yang terasa mengganjal, karena untuk hasil terbaik, download file masih menggunakan klik kanan pada nama file tersebut. Kalau klik langsung, saya lihat nama file jadi terpotong (meski file-nya sebenarnya sama dan tetap bisa di akses).

Untuk menggunakan plugin wp-downloadmanager ini, langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

  1. Download plugin wp-downloadmanager versi terakhir dan baca README yang disertakan.
  2. Ekstrak dan Upload plugin di direktory plugins situs WordPress saya. Yang di-upload adalah direktori downloadmanager beserta file-nya, sehingga hasilnya nanti adalah /plugins/downloadmanager.
  3. Aktifkan plugin melalui menu Admin WordPress -> WP-DownloadManager.
  4. Update lagi Permalinks situs saya dengan WP-Admin -> Options -> Permalinks -> Update Permalink Structure.
  5. Membuat Halaman Download, saya beri judul Download.
  6. Publish halaman Download.

Salah satu keunggulan wp-downloadmanager ini adalah adanya dukungan untuk mengatur ijin download file, selain counter download tentunya. Selain itu ada fitur untuk menampilkan file yang paling banyak di-download (Most Downloaded) dan file download terbaru (Newest Download), mengatur template, menambahkan kategori file, dan sebagainya.

Harapan saya, semoga rekan-rekan pengunjung bisa memperoleh Panduan singkat dengan disertai screenshoot langkah-langkah proses pada system yang saya gunakan melalui situs saya ini. Saya akan menambahkan file-file download yang sekiranya layak untuk dipublikasikan.